Suara Millennials dan Gen Z Indonesia.

Hai November..

On 11/02/2016 with No comments

Hai November
Banyak hari-hari peringatan selain Hari Besar yang dijarang sekali diketahui. Berikut hari-hari tersebut yang bisa dijumpai pada bulan november beserta sedikit kisahnya..

·        * 1 November , Hari Vegan Sedunia.
Dirayakan sejak 1 november 1944 dimana tanggal tersebut adalah ulang tahun sebuah komunitas vegetarian, Vegan Society di Inggris. Lalu ada pula hari tersendiri buat Vegetariannya yang jatuh dibulan yang sama tepatnya ditanggal 25 november.
1 november hari vegan sedunia

1 november ini juga diperingati sebagai Hari Inovasi. Dilatarbelakangi oleh Tera Foundation yang melahirkan Penghargaan Rekor Bisnis (ReBi) lalu menetapkannya sebagai Hari Inovasi.

*5 November, di Indonesia sebagai hari Cinta Puspa dan Satwa. Ditetapkannya hari tersebut adalah melalui Kepres nomor 4 tahun 1993 oleh presiden waktu itu Soeharto.

*6 November, Hari Internasional Pencegahan Eksploitasi Lingkungan Hidup, Korban Perang dan Konflik Senjata yang ditetapkan oleh PBB.

*8 November, Hari Radiology. Dimana ditetapkan pada tanggal itu karena ditanggal tersebut seorang ilmuan bernama Wilhelm Rontgen menemukan sinar-X  yang sangat berguna bagi manusia khususnya dibidang medis.

·        * 10 November sebagai Hari Pahlawan dan Hari Ganefo.
Kamu semua pasti tahu penetapan hari pahlawan 10 november adalah karena terjadinya pertempuran besar di Surabaya yang digencarkan para pejuang Indonesia melawan pasukan Belanda untuk memperoleh kemerdekaan mutlak.

·        * 12 November, Hari Ayah Nasional dan Kesehatan Nasional.
Tak hanya di Indonesia, negara-negara dibelahan dunia lain juga mempunyai Hari Ayah. Walaupun tak sepopuler Hari Ibu, Hari Ayah (Father’s Day) atau dinegara-negara Eropa disebut Hari Pria atau Hari Laki-Laki Internasional (International Men’s Day) diperingati mereka  tiap tanggal 19 November. Namun Hari Ayah Nasional pun baru saja dicetuskan pada 2006 lalu yang digaungi oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIB).

*14 november diperingati sebagai Hari Brigade Mobil (BRIMOB) dan Hari Diabetes Sedunia.
Dijadikan sebagai Hari Diabetes Sedunia karena pada hari itu hari dimana Frederick Banting menemukan Insulin yang sangat  berguna bagi banyak penderita Diabetes.

*17 november sebagai hari Mahasiswa Internasional (International Student’s Day) dimana pada tanggal tersebut terjadi insiden yakni,  9 mahasiswa beserta profesornya yang dihukum mati tanpa proses peradilan pada tahun 1939 saat pergolakan mahasiswa di Ceko atas Nazi Jerman di Universitas Charles Praha. Juga ditanggal yang sama terjadi pertentangan mahasiswa Yunani atas Junta Militer ditahun 1973.

* 20 november, Hari Anak-Anak Sedunia. Diperingati pada tanggal tersebut karena UNICEF dibawah naungan PBB telah menetapkannya secara acak dimana sebelumnya pernah diperingati pada oktober 1953 dan desember 1954.
hari anak sedunia

hari pohon*21 november, Hari Pohon dan 28 novembernya adalah Hari Menanam Pohon Indonesia. 21 november juga sebagai Hari Perikanan dan Hari Televisi Sedunia. Ditetapkan sebagai Hari Televisi Sedunia  karena pada tanggal tersebut Majelis Umum PBB mengambil suara tentang televisi sebagai cara mengakses informasi paling populer yang sudah banyak dipakai hampir seluruh orang-orang didunia. Walaupun ada juga negara yang absen menentang pengambilan suara tersebut.

*25 november Hari Guru, dimana awal mulanya adalah ulang tahun PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang sudah ada sejak zaman Hindia Belanda sejak tahun 1912. Namun saat itu namanya masih Persatuan Guru Indonesia (PGI) sebelum berganti nama jadi PGRI. 25 november juga sebagai Hari Internasional Penghapusan Kekerasan Pada Perempuan.

*29 november Hari Solidaritas Internasional Rakyat Palestina.

Juga Hari Peringatan Kepada Korban Kecelakaan Lalu Lintas. Hari yang diprakarsai oleh PBB ini dibuat karena melihat begitu banyak korban yang berjatuhan akibat kecelakaan lalu lintas yang ada didunia.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »