Suara Millennials dan Gen Z Indonesia.

Bosan Coba lakukan 5 Hal ini

On 9/10/2016 with No comments

Atasi Kebosanan

Bagi kebanyakkan orang hal yang paling membosankan itu, tidak melakukan kegiatan apapun. Namun jika ditanyakan pada orang-orang yang setiap harinya berkutat pada pekerjaan kantor yang menumpuk dan pasif setiap harinya melakukan hal yang sama, tidak ada kegiatan adalah hal yang sangat membahagiakan.

Lalu, bagaimana bila seseorang tersebut sedang dalam kondisi memprihatinkan seperti tidak adanya kegiatan apapun? Hanya menghabiskan waktu dirumah bersama tv, gadget dan mungkin tempat tidur lalu dapur, sudah seperti ibu rumah tangga saja ya.

Tidak ada hal yang sangat membosankan  jika bijak dalam memanfaatkan situasi. Berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat tidak ada kegiatan.
1.    Membereskan yang berserakan
Ketahuilah, kegiatan ini sangat teramat bermanfaat. Selain menjadikan tempat menjadi lebih rapi dan teratur, kita juga membiasakan diri untuk hidup dalam pola yang sehat.

Mulailah dari merapikan tempat tidur, merapikan baju yang berantakan di lemari, menata kembali barang-barang yang berserakan dimeja, memilah buku-buku yang sudah tidak/ masih dipergunakan. Atau bahkan menyikat kamar mandi yang biasanya dilakukan oleh asisten rumah tangga, kenapa tidak dilakukan sendiri?

Hitung-hitung olahraga ringan dan mengeluarkan keringat. Dan beberapa hal lainnya yang pastinya membuat badan menjadi lebih sehat karena bergerak, bukan hanya terduduk diam saja. Bukankah rapi sebagian dari iman?

2.    Melakukan eksperimen
Bukan percobaan membuat ramuan ajaib seperti di film Harry Potter ya. Tetapi melakukan percobaan yang tidak membahayakan diri seperti membuat resep makanan sendiri.

Baik makanan berat atau ringan yang sudah dibuat dengan resep yang sudah ada, atau bisa anda perbarui lagi agar rasanya lebih menarik dan enak.

Tetapi bila anda tidak suka memasak, bisa juga melakukan eksperimen seperti menanam. Apalagi ada lahan kosong yang tak terpakai di pekarangan rumah anda, bisa dimulai dengan menanamkan beberapa jenis tanaman semisalnya bunga, atau mungkin mau mencoba menanam strawberry di lahan anda, kenapa tidak?
3.    Online shopping
Hal ini sudah terlalu banyak dilakukan kebanyakan orang. Anda yang sebelumnya tidak menyukai hal-hal pembelian melalui online shopping, coba saja sekarang mungkin bisa mengisi waktu kekosongan dan bahkan bisa menambah pundi-pundi uang anda.

Dengan hanya bermodalkan akses internet dan smartphone, ditambah lagi anda memiliki jaringan pertemanan yang cukup luas, sudah lebih dari cukup untuk mengajak orang-orang yang anda kenal untuk join dalam kegiatan online anda tersebut.

Misalnya saja yang sudah sangat banyak sekarang ini online shopping baju-baju wanita, sepatu, jilbab, dan masih banyak lagi.

4.    Kegiatan berdasarkan keahlian atau hobi
Anda punya hobi menulis? Seperti membuat sebuah artikel, cerpen, puisi,segala hal yang dilakukan melalui media menulis. Coba membuat sebuah blog pribadi anda yang isinya segala kegiatan yang anda lakukan, cerpen yang biasanya hanya tertulis di buku tulis, bukankan lebih baik dituangkan ke blog anda agar orang lain dapat membacanya dan mengetahui bahwa tulisan anda bagus dan layak untuk dibaca.

Biasanya kegiatan yang dilakukan berdasarkan keahlian atau hobi, akan terasa lebih nikmat menjalaninya tanpa ada unsur paksaan dan tekanan dari siapapun. Nah, mulai dari sekarang coba pikirkan apa keahlian yang anda bisa dan mengaplikasikannya agar banyak orang lain tahu?

5.    Berolahraga
Walau terkesan jadi malas untuk melakukannya, tetapi justru membuat badan anda menjadi lebih sehat. Daripada bangun terlalu siang, ayo coba bangun lebih pagi dan berolahraga santai seperti lari-lari kecil diseputaran tempat tinggal anda.

Tidak perlu rute yang terlalu jauh, yang penting keringat sudah mengucur diseluruh badan anda. jika tidak ingin keluar rumah, anda bisa melakukannya didalam rumah seperti yang sekarang ini banyak dilakukan adalah yoga.

Relaksasi seperti ini selain membuat badan menjadi lebih sehat, bisa membuat pikiran anda lebih tenang. Atau melakukan push-up dan sit up juga bisa dilakukan. Karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Tidak ada hal yang sia-sia didunia ini sekalipun tidak adanya kegiatan yang anda lakukan. Anda hanya kurang peka terhadap sekeliling. Padahal cukup banyak yang bisa anda lakukan daripada melakukan hal yang membuang waktu. Mulailah dari hal kecil yang tidak biasa anda lakukan, dan bahkan nantinya menjadi hal yang berguna buat anda. (TR)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »