Suara Millennials dan Gen Z Indonesia.

Sehat Dari Senin Sampai Minggu

On 9/10/2016 with No comments

hari demi hari
Hari demi hari


Hidup penuh dengan aktifitas dinamis. Rutinitas yang berbeda pada setiap orang tetap mengacu pada seminggu, 1 hari dan 24 jam. Fyi, hari-hari dalam seminggu itu erat hubungannya dengan kesehatan.

Kurangnya waktu tidur, deadline pekerjaan dan banyak hal lain yang tidak bisa ditolerir membuat stamina ikut terkuras. Hal ini menjurus pada kesehatan yang tak hanya sebatas fisik namun juga mental. Maka dari itu beragam faktor muncul mampu mengubah mood seseorang. Lain hari, lain pula suasana hati. Mood atau apapun itu namanya, sebenarnya muncul karena keadaan sekitar. Tapi bukan jadi rahasia  umum lagi kalau anda memang sering menyalahkan hari, sering terlontarnya kata “it’s a bad day”, tapi fakta dan ulasan logis berikut mungkin bisa berguna buat menjaga stamina dan terus bersemangat selama seminggu..

SENIN
I Hate Monday pasti sering anda lihat pada status media sosial. Atau I Dont Like Monday, juga status-status “benci” hari senin yang lain yang menghiasi jejaring sosial. Entah mengapa Senin ini menjadi sasaran siapa saja yang menjalani aktifitas. Menurut penelitian dari University of Tottori Jepang, hari senin menjelaskan kondisi badan seseorang yang tidak siap menghadapi pekerjaan setelah bersenang-senang dihari sebelumnya (hari minggu). Hal ini dikenal  dengan istilah Mondayitis.

Pada hari senin ini pekerja lebih sering mengalami tekanan darah berlebih, maka dari itu untuk menghindarinya adalah kurangi begadang terlebih saat weekend. Jika sudah sering menerapkan kebiasaan tersebut lalu anda ingin mengubahnya secara instan tapi dengan mengkonsumsi obat stimulan, sebaiknya juga hindari. Cobalah untuk minum teh atau susu hangat sebelum tidur, lalu kurangi minuman dingin saat aktifitas disiang harinya. Jadikan Monday adalah Money Day

SELASA
Banyak yang merasa dan bukan juga karena dari penelitian, kalau selasa  adalah hari yang lebih produktif dibandingkan senin. Selain karena dihadapkan pada realita pekerjaan yang diabaikan pada hari senin, hari selasa juga sering menjadi hari dimana orang-orang lebih banyak menyusun skala prioritas untuk rencana beberapa hari kedepan. Namun hal itu juga berakibat kalau  pada hari selasa banyak orang mengalami stress lebih dini.

Tapi, solusi untuk tak kehilangan mood kerja yang berharga itu, sebelum memulai pekerjaan, coba lakukan olahraga kecil seperti menggerakkan kaki dan tangan sambil mendengarkan lagu favoritmu.

RABU
Penellitian terakhir dari badan penelitian sosial di Amerika Serikat Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology menyatakan bahwa faktor sekitar pekerjaan bukan hanya penyebab stress dalam menjalani aktifitas ditempat kerja, namun juga faktor yang datang dari luar pekerjaan tersebut seperti masalah keluarga, perselisihan dengan teman hingga yang berhubungan dengan pacar atau pasangan, dimana ini sering terjadi dihari rabu.

Coba atasi kemuraman tersebut misal dengan teratur berolahraga sambil mempersiapkan rencana untuk berlibur di weekend. Hal itu secara tidak langsung membuat anda bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun sekiranya saat realisasi diakhir minggu tersebut tidak terlaksana anda jangan berkecil hati. Paling tidak anda sudah sedikit “menghembuskan” sisi positif kepada diri sendiri.


KAMIS
Kalau anda perhatikan, setiap kamis cenderung menggambarkan lalu lintas yang padat dimanapun. Karena dihari kamis seperti sebuah deadline yang memang segera harus diselesaikan sebelum datangnya weekend. Nah, lalu lintas yang padat itu memerlukan orang-orang yang taat pada rambu, mengikuti prosedur jalan yang sudah ditetapkan dan jangan mencoba untuk lalai dari peraturan yang ada walaupun anda dituntut cepat menyelesaikan segala pekerjaan.

Fokuslah berkendara! Dihari kamis yang padat, saat mengendarai mobil don’t forget your sitbelt dan bagi pengendara sepeda motor jangan lupakan si Helm. Anda tentunya tidak mau terjadi hal yang buruk bukan?

JUMAT
Walaupun masih menjalani 2 hari lagi sebelum hari libur, banyak orang yang sudah bahagia menghadapi hari jumat. Hal itu merupakan sisi positif dari hari jumat yang harus terus anda rasakan agar hari-hari berikutnya juga dijalani dengan baik. Namun, saat malam sebelumnya sering anda terlalu terlena sehingga kadang lupa kalau besok harinya masih ada jumat. Hari yang masih rentan dengan ketidaksabaran seorang pegawai kantoran untuk menyambut weekend atau pekerja biasa yang sudah lelah dengan pekerjaan yang sibuk dihadapi selama 4 hari sebelumnya.

“Pupuklah” konsistensi dalam diri anda. Coba hindari undangan teman pada malam jumatnya, baik hanya sekedar makan malam bahkan pesta terlebih clubbing. Coba ganti dengan kegiatan kecil namun lumayan menggerakkan tubuh seperti membereskan lemari baju yang tidak rapi, menyusun sepatu yang tidak sesuai dengan pasangannya, dll

SABTU
Sabtu yang ditunggu-tunggu, membuat hari ini adalah hari penyemangat buat setiap orang. Pasti banyak waktu luang yang menjadikan sabtu adalah hari dimana membuat pikiran lebih rileks. Tak heran kalau pada hari sabtu tekanan darah seseorang menjadi normal. Melupakan sejenak kegiatan yang penuh ditempat kerja membuat kepala akan terhindar dari pusing dan “teman-temanya yang lain”. Mencoba jalan-jalan hangoutbareng  teman atau pasangan tak salah, asal tetap menjaga makanan yang dikonsumsi dan banyak lagi kegiatan menyenangkan lain, ya dihari sabtu.

Menjelang malam minggunya, seperti merasa malam yang lebih panjang dari malam-malam lainnya, karena cukup bebas untuk bersenang-senang tanpa memikirkan kegiatan esoknya

MINGGU

Hari yang paling dinanti-nantikan selama 1 minggu ini adalah hari favorit bagi semua orang. Lebih bebas untuk tidak bangun lebih awal. Bisa dibilang hari untuk bermalas-malasan. Tapi tak sedikit juga menganggap minggu sebagai quality time, family time or me time. Minggu sebagai hari yang tepat tanpa alasan untuk berkumpul dengan keluarga. Hari untuk memanjakan diri, waktu lebih banyak dengan pasangan ataupun mencoba jalan ke tempat yang belum pernah dikunjungi namun tetap berarti bersama orang-orang yang disayangi.

Namun jika melakukan kegiatan outdoor tersebut, jangan langsung terlena. Sisakan waktu untuk berisitirahat paling tidak tidur tidak larut pada malamnya, karena akan memikirkan esok senin
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »