Suara Millennials dan Gen Z Indonesia.

Dragon Fruit si Buah yang Banyak Manfaatnya

On 9/14/2016 with No comments

Dragon Fruit, si Buah yang Banyak Manfaatnya


Indonesia yang terkenal dengan negara Agraris yang beriklim tropis dimana sektor pertanian menjadi salah satunya yang paling berpengaruh penting dalam perekonomian Indonesia. Mulai dari tanaman buah, sayur, dan lainnya sampai mengekspor sendiri hasil alamnya kebanyak penjuru negeri lain, salah satunya yaitu Buah.

Walaupun gak se-seram seperti naga pada gambarannya, buah tropis yang satu ini jauh lebih baik dikenal masyarakat luas. Selain harga jualnya yang cukup tinggi, tanaman yang awalnya dikenal sebagai tanaman hias, kini telah berubah menjadi buah wajib konsumsi. Dan bahkan menjadikannya sebagai usaha budidaya yang sangat menguntungkan.

Buah yang cukup besar dengan diselimuti kulit berbentuk yang katanya seperti kulit naga bisa mencapai berat sekitar 200 sampai 800 gram per buahnya, wow! Karakteristik lainnya yang membuatnya semakin terkenal adalah daging buahnya yang terdiri dari banyak biji yang seperti sebesar wijen dan menjadikan buah inilah terasa manis, segar namun sedikit asam.

Belum lagi tanaman tropis ini sangat mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan. Yang dibutuhkannya hanyalah ruangan terbuka tanpa terkena sedikitpun teduhan atau bayangan pohon/ tumbuhan lain disekitarnya. Pengolahan tanah yang baik untuk perkembangannya,  juga menjadi salah satu faktor terpenting dalam pengembangbiakannya. Tak ketinggalan pupuk dan sistem penanaman juga mempengaruhi agar dapat menghasilkan kualitas buah naga yang diinginkan.

 Tak hanya berdaging merah, buah naga juga ada yang berdaging putih yang juga sering dijumpai dipasaran, berdaging kuning sampai berdaging super red (merah agak sedikit kehitaman).

Lalu, bagaimana dengan manfaat yang dikandung di si buah yang merupakan tanaman tidak lengkap ini? Ternyata buah ini juga bisa dikonsumsi untuk para kaum Hawa yang sedang melakukan diet. Coba konsumsi rutin tiap harinya, seperti mengganti menu sarapan dengan buah ini, dengan mengandung kaya akan serat yang rendah kalori tidak akan membuat perut anda menjadi melar.
Sumber besar Antioksidanyang mampu mengurangi radikal bebas seperti kanker dalam tubuh. Anditoksidan ini juga dapat mencegah penuaan dini akibat menghirup udara yang berpolusi dan bagus untuk Detoksifikasi yang dapat membantu proses pengeluaran racun dari tubuh melalui hati.

Daripada habis mengkonsumsi obat-obatan bagi penderita diabetes, tak ada salahnya mencoba buah ini, kadar gula yang terkandung dibuah ini sangatlah kecil dan tentunya sangat aman dikonsumsi bagi para diabetic.

Para ibu yang sedang kebingungan melihat anak-anaknya yang susah makan karena nafsu makan kurang, bisa mengkombinasikan buah ini yang dapat meningkatkan nafsu makan karena dalam buah ini mengandung vitamin B2 dan B1.

Bahkan hingga batuk akibat flu pun dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah ini, minimal dapat membantu meringankan flu dan batuk. Buat penderita asma dipercaya dapat meringankan penyakit gangguan pernapasan ini karena jumlah vitamin C nya sangat tinggi hingga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Selain penyakit yang cukup berat dialami, buah naga juga dapat dipercaya dan bermanfaat dikonsumsi untuk sehari-hari, antara lain:
1. Memperkuat tulang dan gigi
2. Menjaga ion tubuh
3. Menjaga kelembaban kulit
4. Sangat baik untuk manula
5. Dapat digunakan untuk membasmi jerawat membandel
6. Meningkatkan ASI bagi ibu menyusui
7. Mengobati panas dalam dan sariawan
8. Menjaga kulit wajah agar tetap kencang


Sekian banyaknya manfaat dari sisi dagingnya, jangan lupakan sang kulit yang juga memiliki peranan baik pula. Jika hobi membuat cemilan seperti cake, kenapa tidak dicoba sebagai pewarna alami? Warna merah yang terkandung dikulitnya tersebut jauh lebih aman dan bermanfaat daripada harus menggunakan pewarna buatan yang dipastikan tidak baik untuk kesehatan. Rebuslah kulitnya dengan air hingga air berubah warna menjadi merah dan diamkan beberapa saat hingga panasnya hilang dan warna merah alami pun dapat dipergunakan sesuai selera. Atau dengan memblender kulitnya hingga menghasilkan sari merah juga bisa dilakukan. (TR)
Selamat mencoba...
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »