Suara Millennials dan Gen Z Indonesia.

Yuk Lihat Proses Pemasangan Ring Jantung

On 9/12/2016 with No comments

Pemasangan Ring Jantung

Saat ini, ada metode baru dalam pemasangan ring jantung sedang booming dalam kalangan kedokteran dan masyamrakat. Bahkan, meski terbilang mahal, banyak masyarakat yang harus rela merogoh uang yang cukup besar untuk memasang ring tersebut untuk melebarkan pembuluh darah kroner di jantung sehingga bisa menerima suplai darah yang cukup.

Selain itu, beberapa rumah sakit saat ini seakan berlomba menyediakan fasilitas pemasangan ring jantung. Seperti di Rumah sakit Umum Bidadari yang beralamat di jalan perintis kemerdekaan No 174, kebun lada Binjai utara yang menyediakan fasilitas tersebut.

Direktur utama Rumah Sakit Bidadari Binjai H Firmansyah mengatakan saat ini peasangan ring jantung atau kateterisasi memang sudah menjadi sebuah keharusan di rumah sakit. Di Rumah Sakit Bidadari Binjai sendiri pemasangan alat caterisasi tersebut sebenarnya sudah mereka miliki sejak awal 2016, namun baru bisa di pergunakannya sekarang ini, karena Perijinannya baru selesai.

"Selama ini pasien yang menderita penyakit jantung selalu berobat ke Medan atau bahkan ke luar negeri, kita prihatin dengan keadaan pasien yang selama ini menderita jantung, sehingga kita menyediakan alat ini, agar pasien jangan jauh jauh ke kota Medan," ungkap H Firmansyah.

Saat ini, pasien penderita jantung, yang berobat di Rumah Sakit Bidadari, dari tahun ketahun mengalami kenaikan hingga 30 persen. Atas dasar ini lah, mereka yang membuat Rumah Sakit Bidadari, tersentuh untuk meringankan beban pasien, mereka tidak perlu lagi berobat keluar kota, disini (RS Bidadari) sudah bisa melakukan operasi pemasangan ring jantung

Yuk lihat penyebab dan cara kerja pemasangan Ring Jantung itu:

1.  Pemasangan Ring Jantung saat Pembuluh darah menyempih
Dengan menyembitnya pembuluh darah, tentunya akan menyumbat aliran darah dan oksigen ke otot jantung.  Untuk itu dibutuhkan pemasangan ring jantung agar pembuluh darah agar lebih lebar.

2. Melakukan Penyuntikan Anestesi Ke Pangkal Paha
Prosedur Percutaneus Transluminal Coronary Angioplasti (PTCA) atau prosedur melebarkan pembuluh darah koroner yang menyempit ini dilakukan dengan disuntikannya anestesi ke pangkal paha dalam.

Selanjutnya dokter bedah jantung akan memasukkan selang kecil (kateter) ke dalam tungkai atau lengan.  Saat memasukkan cateter tersebut, dibutuhkan sebuah monitor yang menghasilkan sebuah gambar berfungsi untuk mengarahkan selang kecil ke arah arteri yang menyempit dalam jantung

Tidak sampai disitu saja, selanjutnya disediakan kateter kedua yang ukurannya lebih kecil dan dilengkapi balon serta stent atau ring jantung. Kateter kedua ini nantinya disambungkan kepada kateter pertama yang telah dimasukan ke dalam pembuluh darah.

Ujung kateter kedua harus sampai dalam sumbatan arteri koroner sehingga balon yang terdapat pada kateter kedua dapat ditiupkan dan memperlebar bagian yang tersumbat atau menyempit dalam arteri koroner.

Ring jantung atau cincin yang dipasang dalam arteri koroner terbuat dari jalinan logam kecil yang berbentuk tabung dan digunakan sebagai penyanggah agar pembuluh darah tetap terbuka serta tidak mengalami penyumbatan pasokan darah maupun oksigen ke otot jantung.

Berikut Video pemasangan Ring Jantung:


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »