Suara Millennials dan Gen Z Indonesia.

Menyendiri ternyata juga bisa membahagiakan diri

On 7/31/2016 with No comments

Rileks Satu cara menenangkan diri sendiri

Banyak orang bilang menyendiri juga obat penenang diri. Menyepi bikin Happy juga loo.. Rutinitas yang padat, bertemu banyak orang dengan berbagai macam sifat dan rupa adalah biasa. Tapi setelah itu adalah me time, waktu untuk diri sendiri. Saat yang tepat untuk menyepi..

Apa saja sih yang bisa kita lakukan dalam rangka menyepi atau menyendiri? Apakah benar hal tersebut benar ada manfaatnya? Berikut hal-hal yang harus dilakukan dalam suasana sendiri tersebut:

1.  Rileks

Tenangkan pikiran. Coba bernegosiasi dengan pikiran. Hidup tenang pasti akan membuat hidup sehat secara alami.

Caranya, coba duduk tenang dikamar, ditepi pantai atau diamanapun suka, lalu pusatkan pikiran dengan penuh kenyamanan. Yang pasti disekitar anda juga tidak terlalu banyak orang. Saat dikamar sendirian, bisa menonton tv tapi dengan volume yang kecil, dan ditepi pantai mendengarkan musik sambil melihat jauh pemandangan yang ada didepan.

Apapun pilihannya pastikan cara tersebut dilakukan dengan tenang, pelan dan suasana nyaman.


2.   Berdamai dengan diri sendiri

Apabila dibarengi dengan jiwa dan fisik yang sehat, maka tubuh akan terasa lebih segar. Bukan mustahil penyembuhan penyakit dapat diobati dengan cara berdamai dengan diri anda sendiri.

Salah satu caranya dengan Bersyukur. Mengingat Tuhan juga merupakan alternatif untuk mengingat kembali siapa anda sebenarnya. Maka kedamaian akan datang. Dengan segera anda juga akan merasa hidup lebih bahagia.

3.    Berpuasa

Maksud puasa yang diterapkan adalah, misalnya dalam kurun waktu 1 minggu anda bisa berpuasa 2 sampai 3 hari. Bisa senin atau selasa, atau senin dan kamis, atau terserah anda. 

Puasa bukan hanya sehat untuk tubuh karena lambung diberi waktu istirahat sejenak dari aktifitas mengolah makanan yang dikonsumsi, tapi tubuh juga terasa lebih sehat. 

Jadi dengan berpuasa anda merasa tidak perlu berkomunikasi secara berlebihan. Membuat anda seperti lebih mempunyai waktu sendiri yang lebih banyak walaupun pekerjaan dikantor atau dimanapun menumpuk. 

Hal tersebut jelas membuat anda lebih fokus pada pekerjaan terutama dalam menyepi tadi (ingat, bukan sombong yaa...)

4.   Berpikiran Positif

Kesehatan pikiran dan jasmani dapat mengubah hidup. Jangan buang percuma waktu yang ada hanya untuk memikirkan orang –orang atau hal yang tidak penting.

Misalnya ada teman atau saudara yang sudah tidak lama berjumpa atau susah untuk diajak bertemu jangan langsung beranggapan jelek. Just thinking positive. Mungkin sedang banyak pekerjaan atau urusan yang harus segera diselesaikan. Santai saja. Jangan terlalu dipikirkan keburukannya.

Berpikir positif melatih otak lebih rileks, tidak bekerja lebih dari biasanya. Memikirkan kejelekan hanya akan menguras tenaga. Dengan berpikiran positif melatih segala sesuatunya lebih tenang.

5.   Beristirahat

Adalah tidur salah satunya. Cukup tidur sudah pasti jelas membuat sehat. Bukan banyak tidur. Berbaring ditempat tidur dalam keadaan tidak tidur juga bisa asal anda sendiri. 

Karena jika ada teman atau pasangan anda sudah pasti obrolan akan terjadi. Anda sesekali juga bisa berkhayal tentang masa depan, planning yang sudah disusun atau berkhayal tentang apapun. Tapi jangan pula yang berlebihan yaa... 

Sedikit berkhayal juga memberi ketenangan diri, sehingga waktu menyendiri atau menyepi lebih terasa dari biasanya tanpa diganggu siapa-siapa.

Point-point diatas bisa anda praktekkan dengan segera. Dengan tujuan untuk kebaikan diri sendiri dan setidaknya juga baik untuk orang-orang disekitar.
Namun ada juga hal-hal yang tidak boleh anda lakukan dalam proses menyepi tadi, diantaranya:

1.  Tidak bermain gadget berlebihan. Mengecek hp hanya untuk keperluan saja. Matikan lampu yang tidak dipakai. Kedua hal tersebut jelas menghemat energi.

2.  Tidak melahap semua makanan yang tersaji didepan mata. Ini dipraktekkan saat anda merealisasikan point no.3. makanlah secukupnya saja.

3.  Tidak stress dengan hal-hal sepele. Bebaskan diri dari emosi negatif.

Semoga sukses dengan menyendirinya yaaa... 



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »