Suara Millennials dan Gen Z Indonesia.

Para Superhero yang Pernah Bertarung di Indonesa

On 8/06/2016 with No comments


Gundala si Putra Petir
Gundala Putra Petir

Empat  tahun belakangan ini, kita selalu disuguhkan film berkumpulnya para superhero, hingga bentrokkan yang terjadi diantara mereka (superhero).   Seperti Avenger yang dirilis April 2012, Avenger age Of Ultron pada  April 2015, Batman V Superman: Down of Justice pada Maret 2016 dan  Captain America: Civil War April 2016 .

Namun siapa sangka tema bersatunya dan bentrokkan antara Superhero tersebut sudah pernah digambarkan Hasmi (pencipta Gundala) pada 47 tahun yang silam.  

Sebelum bercerita jauh tentang para Superhero yang pernah terlibat perkelahian di Indonesia, kita bahas sebentar tentang  superhero asal Indonesia Gundala si Putra Petir.

Gundala merupakan superhero karya Hasmi dan pertama kali muncul pada tahun 1969. Gundala merupakan alter ego dari Sancaka, seorang peneliti yang menciptakan serum anti petir.

Untuk kekuatan Gundala sendiri tak jauh berbeda dengan The Flash, superhero terbitan DC. Ia bisa berlari kencang dan juga bisa mengeluarkan petir dari tangannya.

Sedikitnya Hasmi telah menerbitkan 23 serial komik tentang Gundala si Putra Petir. Bahkan Gundala pernah di Filmkan pada tahun awal 80 an dan saat ini film kedua dari Gundala juga akan kembali di Film kan dan yang menjadi sutradara Hanung Bramantyo.

Kembali lagi ke Superhero yang pernah berkunjung dan terlibat perkelahian di Indonesia dan berikut daftarnya   

1. Superman dan Batman
Pada tahun 1969 Hasmi dengan ide gilanya membawa tokoh Clark Kent (Superman) dan Bruce Wayne (Batman) dalam serial komik Gundala dengan judul The Trouble.  Dalam Komik tersebut Superman dan Batman jadi turis dan pergi berliburan ke Jogjakarta

Sesampainya ke Jogja dan ingin berlibur, tiba-tiba muncul monster dari luar angkasa. Makhluk tersbut pun langsung membuat kerusuhan dan menghancurkan kota Jogja. Melihat adanya monster tersebut, keluarlah insting superhero dari Superman dan Batman untuk melawan monster tersebut.

Tak disengaja dalam pertarungan itu, kedua superhero dunia tersebut bertemu dengan Gundala dan ketiganya bertarung bersama-sama membinasakan monster tersebut.

Sayangnya karena mencuri hak cipta tokoh Superhero besutan DC, komik Gundala the Trouble tidak di cetak ulang lagi. (wawancara hasmi dalam Kick Andy 19 Desember 2014)

2. Tokoh Superhero dari Marvel

Hulk, Thor, Spiderman sampai Cylops ternyata juga pernah terlibat pertarungan di Indonesia dengan Gundala Putra Petir dalam judul komik Gundala: Bentrok Jago-jago Dunia (1971). Tak banyak yang bisa diceritakan tentang komik tersebut, karena memang tidak di cetak banyak karena permasalahan hak cipta.

Namun dalam cover komik tersebut tampak para superhero terlibat perkelahian seperti dalam film Civil War. Informasi tentang latarbelakang cerita pertengkaran para Superhero tersebut juga tidak ditemukan di Google.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »