Suara Millennials dan Gen Z Indonesia.

Jelajah Negeri tanpa Batas

On 11/06/2016 with No comments

Shinta
Sejak umur empat tahun, ia telah mengalami penyakit polio. Dengan keterbatasan fisik, langkah Shinta terbatas, sampai akhirnya orang tua Shinta membelikan sepeda motor. Hadirnya sepeda motor yang dimodifikasi menjadi 4 roda, Shinta bak memiliki kaki baru.

Impian Shinta adalah keliling Indonesia, ia tahu dengan keterbatasan fisik langkah Shinta terbatas, tetapi dengan hadirnya sepeda motor pemberian orang tua, mimpi itu ia wujudkan  untuk menjelajah Indonesia. Kekurangan fisik bukanlah halangan bagi Shinta Utami untuk berkeliling Indonesia dan dunia.

Shinta berkeliling Indonesia untuk memberikan pesan kepada masyarakat Indonesia,  “Jangan sampai mimpi itu ada di kepala, melainkan diwujudkan,” itulah pesan Shinta saat ditemui tim Sosok.ID di Jakarta, Jumat (16/07/15).

Sepeda motor yang digunakan Shinta telah dimodifikasi khusus untuk melewati berbagai medan. Wanita kelahiran Riau, sudah menjelajah total 27 provinsi di Indonesia. Awal berangkat dimulai dari Pekanbaru 4 Oktober 2014 dan akan berakhir di Aceh. Shinta telah menempuh perjalanan sejauh 18.000 kilometer, berdasarkan odometer yang ada dimotornya. Dan sudah semua pulau-pulau besar di Indonesia dijelajahinya, bahkan mampir Malaysia dan Brunei Darussalam. Sisa perjalanan Shinta adalah pulau Sumatera.

Perjalanan yang paling menantang di pulau Kalimantan, “Jalan yang masih tanah, kalau hujan menyulitkan saya untuk melanjutkan perjalanan. Belum ban motor bocor dan as roda sempat patah.” keluhnya.

Awalnya perjalanan keliling Indonesia menggunakan dana pribadi, selama penyeberangan antar pulau ia terbantu oleh  Syahbandar  untuk izin masuk kapal penyeberangan. Shinta berharap mendapatkan sponsor, paling tidak diberi kemudahan bantuan sepeda motor atau mendapatkan suku cadang. “Selama berkeliling Indonesia, ia mengalami kesulitan mencari suku cadang sepeda motor yang menunggu kiriman dari pulau Jawa.” Kata wanita 30 tahun tersebut.

Selain berkeliling Indonesia, Shinta juga punya misi lain yakni memecahkan rekor MURI. Selama ini keliling Indonesia, bukan ke tempat wisata daerah tersebut. Shinta lebih senang terjun ke masyarakat setempat untuk belajar kehidupan, alasan Shinta tidak berkunjung ke tempat wisata setempat karena, “Indonesia itu unik dan beragam, saya ingin belajar kehidupan dari masyarakat setempat.” Belajar pengetahuan bisa di Sekolah, tetapi belajar nilai dari kehidupan bermasyarkat belum tentu bisa di sekolah.

Selama perjalanan ia selalu menempuh cobaan berat, tetapi hasrat dan tekad kuat semua terlewati. ”Janganlah berusaha untuk menjadi orang suskes saja, tapi berusahalah untuk menjadi orang yang penuh dengan peluang.” salah satu kunci sukses Shinta mewujudkan mimpi keliling Indonesia dengan segala keterbatasan.

Pengalaman perjalanan Shinta, bisa anda ikutin dengan mengunjungi blog miliknya di limitedwithoutlimits.com

Sumber: Sosok.id
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »