Suara Millennials dan Gen Z Indonesia.

Empat Cara Menjaga Kebersihan Handuk

On 8/04/2016 with No comments

Menjaga kebersihan handuk, juga menjaga kita dari penyebaran penyakit
pentingnya menjaga kebersihan handuk

Kesehatan kulit sangat penting untuk diperhatikan. Terlihat begitu mudah berakibat menjadi sepele merawatnya. Terkadang kita bahkan lalai dalam menjaga kesehatan kulit dan yang berhubungan dengannya, Handuk.

Banyak penyebab gangguan kulit diakibatkan oleh handuk yang tidak bersih, dikarenakan bakteri dan jamur yang melekat pada pada handuk tersebut. Berikut beberapa cara mengatasinya :

 -Handuk pribadi, tidak berbagi

 Seperti halnya sikat gigi, handuk juga sebaiknya digunakan oleh satu orang. Hal itu dibutuhkan untuk mencegah menyebarnya bibit penyakit.

-Mencuci handuk.

Sesering mungkin mencuci handuk ternyata lebih baik,  maksimal 7 hari. Handuk yang lebih tebal dibandingkan pakaian memungkinkan kuman-kuman juga bakteri serta jamur bersarang lebih banyak. Untuk proses pencucian pun tidak disarankan mencuci dengan air panas. Karena akan mengurangi kelembutan dari bahan handuk itu sendiri.

Meskipun paling lama dipakai 7 hari, namun sesaat setelah digunakan sebaiknya dijemur ditempat terbuka agar handuk kering kembali dan bakteri yang menempel berkurang.

Tidak dibenarkan menaruh handuk bekas dipakai dalam kamar mandi, karena tempat yang lembab seperti kamar mandi ideal lagi untuk kuman lebih berkembang.

-Rendam dengan detergent lebih lama dan pisahkan dari pakaian kotor lain.

Kerja detergent akan lebih keras karena tingkat kotor handuk yang lebih dari pada pakaian yang lain yang dipakai sehari-hari. Gunakan pula softener untuk membuat bahan handuk lebih halus. Khusus untuk handuk bayi gunakan deteregent dan softener yang khusus diformulasikan untuk bayi.

-Pilih handuk dengan bahan anti bakteri.

Di pasaran kini banyak handuk yang menggunakan bahan anti bakteri.  Maksudnya adalah bukan tidak mungkin terkena bakteri,  hanya saja lebih diminimalisir.  Cara mengetahuinya adalah  terdapat label   
Yang menempel pada handuk.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »