Suara Millennials dan Gen Z Indonesia.

Kenalan lebih jauh yuk dengan sosok pemeran Doctor Strange.

On 11/01/2016 with No comments

Benedict Timothy Carlton CumberbatchBernama lengkap Benedict Timothy Carlton Cumberbatch atau yang biasa lebih dikenal dengan nama Benedict Cumberbatch, terpilih dari beberapa aktor ternama lainnya untuk memerankan Dokter ahli bedah syaraf dalam film Doctor Strange yang saat ini sedang tayang di bioskop-bioskop tanah air. Sosok yang lebih dikenal karena banyaknya peran di serial televisi ini, dimana salah satu perannya sebagai Sherlock dalam miniseri televisi Sherlock Holmes (2010) yang cukup sukses melambungkan aktor kelahiran 19 Juli 1976 ini.

Beberapa peran yang pernah dimainkannya antara lain: Stephen Hawking di drama BBC Hawking (2004), William Pitt di film sejarah Amazing Grace (2006), protagonis Stephen Ezard di Small island (2009), dan Sherlock Holmes di adaptasi modern BBC  Sherlock (2010).

Bersama sang sutradara Danny Boyle, ia juga pernah memerankan Victor Frankenstein dan makhluknya bersama Jonny Lee Miller Pada Februari 2011 yang dipentaskan selama 3 bulan di Royal National Theatre.

Bersama Martin Freeman dalam perannya sebagai Sherlock di serial televisi Sherlock Holmes
Bersama Martin Freeman dalam perannya sebagai Sherlock
di serial televisi Sherlock Holmes
Lalu pada akhir 2011 ia memerankan karya Steven Spielberg sebagai Major Stewart di War House. Hingga peran penting dalam Tinker tailor Soldier Spy tahun 2011 yang disutradarai Tomas Alfredson.

Trilogi film The Hobbit: The Desolation of Smaug yang disutradarai Peter Jackson, dipercayakan kepadanya untuk mengisi suara Naga Smaug melalui suara dan rekam gerak.

Penggemar film jadul yang di adaptasi ulang, Star Trek: Into Darkness besutan J. J. Abrams, memerankan sosok antagonis yang sepertinya memang sangat cocok dengan wajahnya yang mendukung perannya sebagai John Harisson atau Khan, dimana cerita dibalik perannya tersebut, Cumberbatch sangat kelelahan saat menjalani duel dengan lawan mainnya, Zachary Quinto. Sedikitnya peran yang didapatkan dalam film tersebut, membuatnya merasa kurang diuntungkan dengan pemain lainnya karena proses latihan duel tersebut.

Peran antagonis sebagai John Harisson atau Khan di Film Star Trek: Into Darkness
Peran antagonis sebagai John Harisson atau Khan
 di Film Star Trek: Into Darkness
Hingga akhirnya, sutradara Doctor Strange dan Marvel Comic sepakat untuk memilih Cumberbatch memerankan sosok jahat yang cerdik tersebut kepadanya. Dan jika telah menonton film tersebut, pasti langsung berpendapat “tak salah memilihnya” memerankan peran tersebut karena kejeniusannya dalam memerankan setiap karakter di berbagai film, seakan Cumberbatch memang terlahir untuk mendapatkan peran tersebut.

Jika dilihat kebelakang dari orangtuanya, ternyata bakat tersebut memang telah mengalir dalam dirinya, aktor Timothy Carlton dan aktris Wanda Ventham. Dan siapa sangka, si ibu sempat protes kepadanya karena penggunaan nama belakang  “Cumberbatch’, yang merupakan nama belakang buyutnya yang seorang diplomat Inggris untuk Turki dan Lebanon, dimana menurut beliau nama tersebut terdengar kuno.

Nah, berikut fakta menarik tentang Benedict Cumberbatch.
Bersama Istri, Sophie Hunter
Bersama Istri, Sophie Hunter
  1. Memasukkannya ke Harrow Public SchoolII, dimana kedua orangtuanya yang menghindari dirinya untuk lebih jauh terjun di dunia akting. Di sekolah yang ternyata menunjukkan ketertarikannya akan olahraga Rugby dan melukis ini memang tak dapat menampik kalau darah seni peran yang diturunkan orangtuanya, hingga akhirnya pada usia 12 tahun ia mendapatkan peran pertamanya dalam sebuah teater karya William Shakespeare. 
  2. Karena ketertarikannya dalam seni melukis, Cumberbatch sempat dengan sengaja melukis dan menjual hasil lukisannya untuk disumbangkan kepada yang lebih membutuhkan. Jiwa sosial sekali, ya..
  3. Pernah merantau ke India hanya untuk menjadi sukarelawan sebagai guru bahasa Inggris. Wow...
  4. Nyaris menjadi seorang pengacara yang akhirnya kembali ke Inggris untuk lebih mempelajari drama di University of Manchester. 
  5. Tetap menomorsatukan pendidikan dalam hidupnya, Cumbercatch  melanjutkan pendidikan pasca-sarjananya di London of Music and Art hingga pada akhirnya berhasil memperoleh gelar Master of Arts dalam Classical Acting. Bravo!!
  6. Ia memiliki kelainan yang terletak dimatanya, Sectoral  Heterochromia atau yang biasa disebut perubahan warna kornea mata dari hijau ke biru yang tergantung dengan cahaya yang diterima. 
  7. Baru-baru ini dikabarkan istrinya, Sophie Hunter, tengah hamil anak keduanya. Sebelumnya ia pernah bercanda, mengharapkan sekumpulan (batch) anak laki-laki. Congrats ya atas kehamilan istrinya. 

Bersama Istri dan anaknya
Bersama Istri dan anaknya

Nah, buat yang penasaran belum nonton aksi Doctor Strange, ayoookk cusss ke bioskop-bioskop terdekat. Happy watching.. (TR)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »