Suara Millennials dan Gen Z Indonesia.

Apa Kabar Bantal, Guling dan Teman-temannya? Waktunya Mengganti..

On 11/28/2016 with No comments

Apa Kabar Bantal, Guling dan Teman-temannya? Waktunya Mengganti..

Mengganti perlengkapan rumah sering kali terlupakan. Padahal banyak menjadi sarang kuman yang tentu saja tidak baik buat kamu.
Misalnya bantal atau sprei dikamar yang kelihatannya bersih ternyata menyimpan banyak kuman. Jangan terkecoh dengan tampilan luar. Itu sangat memungkinkan, walaupun kamar yang ber-AC sekalipun debu akan tetap menempel. Bukan hanya debu saja tapi juga banyak kotoran lain yang tidak bersih yang pastinya akan mengganggu kesehatan dan kamu akan merasa tidak nyaman.
Jadi, berikut ini barang-barang yang perlu diganti secara rutin ya..

-          Bantal / Guling, 1 Kali Setahun
Ada suatu penelitian yang menyatakan bahwa bantal yang sudah berumur lebih dari setahun, 10% dari beratnya hanya akan terdiri dari serpihan kulit mati tungau dan jenis makhluk kecil  lainnya pluspartikel-partikel pembawa yang tersimpan dalam bantal tersebut.
Solusi untuk membunuh tungau itu, coba bungkus bantal dalam plastik dan letakkan dalam kulkas selama 6 jam. Kamu juga harus mencuci bantal tiap 6 bulan sekali (jika memang ingin memakainya lagi, jika tidak ya mengganti yang baru) dan sarung bantal cuci minimal 2 kali seminggu.

-          Kasur, 2 Tahun Sekali
Tidak perlu mencuci kasur  bila tidak ada noda yang mengganggu. Cukup dengan dibalik saja tiap 6 bulan sekali. Bisa juga membersihkannya dengan vacuum cleaner saat mengganti sprei. Tapi jika ada noda kamu bisa menyikat dibagian nodanya saja dengan menggunakan air larutan detergent atau sampo. Bersihkan dengan menggunakan sikat gigi bekas atau spon lalu setelah noda hilang bersihkan tahap akhir dengan air hangat. Hal terpenting ialah jangan membiarkan bagian dalam kasur menjadi lembab. Keringkan dengan dijemur dibawah panas matahari, bisa juga dengan hair dryer atau kipas angin.
Nah, untuk kamu yang menggunakan Springbed, bisa menggantinya selama 5-6 tahun sekali. Dan cara membersihkan dari noda sama seperti membersihkan kasur juga.

-          Sprei, 2 Minggu Sekali
Tahukah kamu, kalau setiap orang melepaskan 25-30 gram sel kulit mati setiap minggunya? Itu sama seperti sebungkus keripik kentang lho? Sel kulit mati kamu itu akan menjadi sumber makanan bagi lebih dari 1000 tungau yang hidup ditempat tidur kamu. Maka dari itu agar terbebas dari tungau kamu wajib mencuci sprei paling tidak 2 minggu sekali dimana pada bilasan terakhir sprei harus menggunakan air panas untuk lebih efektif membunuh kuman atau tungau tersebut.

-          Handuk, 1 Kali Seminggu
Pada handuk yang lembab, sangat ideal sekali kuman bersarang disana. Sehingga akan juga terjangkiti pada siapa yang memakai handuk itu. Kuman-kuman itu sangat berbahaya terlebih bagi kulit yang luka yang akan menyebabkan infeksi. Makanya, dianjurkan mencuci handuk minimal 1 minggu sekali dan dicuci dalam air panas bersuhu 60 derajat celcius agar kuman mati. Lalu jangan lupa mengeringkannya dengan benar-benar kering sebelum dilipat.

-          Baju Tidur, 2 Kali Seminggu
Faktanya, setiap kamu tidur pada malam hari tanpa disadari akan mengeluarkan keringat sebanyak setengah liter. Keringat itu pasti akan diserap oleh baju tidur kamu yang lama kelamaan akan timbul bau tidak sedap dan pastinya kuman juga akan bersarang. Nah, bagi kamu yang intensitas berkeringatnya lebih sering kamu wajib mengganti setiap 3-4 hari sekali. Bagi kamu yang tidak, bisa 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

-          Sisir, 1 Kali Setahun
Meskipun kondisi sisir masih dalam keadaan baik, kamu harus tetap menggantinya tiap 1 kali dalam setahun. Sisir yang pastinya sering digunakan lambat laun setiap sikat sisirnya akan keluar serat yang tidak disadari akan merusak tiap helai rambut. apalagi sisir yang sikatnya sudah patah akan melukai kulit kepala  hingga menghambat produksi sebum (pelembab dalam rambut) yang mengakibatkan rambut menjadi kusam. Fyi, sisir menyimpan minyak dari produk perawatan rambut yang kamu gunakan dan debu yang ada disekitar juga akan menempel disitu. Jadi jangan sampai kotoran tersebut akan ditransfer lagi kerambut kamu.
Jangan lupa untuk membersihkan sisir secara teratur dengan cara direndam dengan air hangat yang dicampur sampo. Lalu bersihkan tiap sisi-sisinya sampai benar-benar bersih.

-          Sikat Gigi, Ganti Setiap 3 Bulan
10 juta bakteri sudah tersimpan didalam mulut yang apabila menyikat gigi otomatis juga akan menempel disikat gigi. Bakteri itu bisa tersimpan hingga 48 jam lamanya bila sikat gigi tidak kering. Begitu rentannya terkena kuman sikat gigi ini hingga dokter menyarankan kalau posisi sikat gigi harus 2 meter jauhnya dari toilet agar kuman disekitar toilet tidak ikut menempel pada sikat gigi.
Begitu juga sikat gigi yang harus diganti setiap 3 bulan sekali adalah karena bulu pada sikat yang sudah mengembang tidak akan efektif lagi untuk membersihkan gigi dari kuman dan sisa makanan.  


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »