Suara Millennials dan Gen Z Indonesia.

Seputar Olimpiade RIO 2016

On 8/06/2016 with No comments

Serba - serbi Olimpiade Rio 2016
Olimpiade Rio 2016

Olimpiade sebagai wadah besar untuk menunjukkan secara langsung kepada dunia tentang keadaan kota atau negara yang jadi tempat ajang berlomba-lomba meraih medali sebanyak-banyaknya  itu dimana memang sebenarnya bukan inti dari Olimpiade sendiri, namun lebih kepada keikutsertaan negara memeriahkan event rutin 4 tahunan tersebut, mempererat hubungan banyak negara, mengukur tingkat sportivitas dan menjunjung kebersamaan tapi tetap dalam rangka membanggakan nama negara yang dibawa dalam bias rasa nasionalisme yang kuat.

Disini bisa dilihat kesiapan kota dan negara yang menjadi tuan rumah untuk menunjukkan kepada dunia seperti apa mereka. Jelas akan mendongkrak sektor pariwisata kota dan negara tersebut karena fasilitas dan berbagai sisi pendukung dimana melewati perhelatan besar sekelas Olimpiade yang akan disaksikan jutaan pasang mata diseluruh dunia.

Bulan ini, tepatnya mulai tanggal 5 sampai  21 agustus 2016, semua mata terutama pecinta olahraga akan tertuju ke Rio de Janeiro Brasil. Ya,  pesta olahraga 4 tahunan olimpiade ini diadakan untuk memperlombakan berbagai jenis cabang olahraga. Berbagai negara ikut serta dimana diadakan pertama sekali tahun 1896 di Athena Yunani dan sebelumnya di kota London Inggris.

Pemilihan kota Rio de Janeiro ini bukan dengan mudah ditetapkan. Sebelumnya beberapa kota juga mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah antara lain, Chicago Amerika Serikat, Madrid Spanyol dan Tokyo Jepang. Tapi telah ditetapkan bahwa Olimpiade berikutnya pada tahun 2020 akan diselenggarakan di Tokyo Jepang.

RIO 2016 dalam angka
v  Lebih dari 200negara sebagai peserta, 11.000 lebih jumlah atlet dan 306 dalam 28 cabang olahraga dipertandingkan
v  Sebanyak 33gelanggang olahrga dikota Rio, dan 5gelanggang dikota lain yakni  Sao Paolo, Belo Horizonte, Salvador, Brasilia dan Manaus akan jadi saksi atlet-atlet beradu memperebutkan medali
v  Faktanya terdapat 25 pertanyaan yang diserahkan oleh KOI (Komite Olimpiade Internasional) kepada tuan rumah sebelum diputuskan resmi kota/negara tempat perhelatan
v  Ada 115anggota negara yang dapat mempengaruhi pemungutan suara kepada tuan rumah sebelum ditetapkan penyelenggaraan
v  Lebih kurang 15.000 pohon dan 3pabrik pengolahan sanitasi mengalami perubahan atau masuk dalam proyek renovasi perkotaan di  Rio de Janeiro
v  Renovasi juga meliputi 700 km jaringan fasilitas  umum, 4 km terowongan, serta 70 km jalan raya, 650 km trotoar dan 17 km jalur sepeda untuk menunjung pesta olahraga ini
v  Terdapat rincian 10,9 kasus pembunuhan per 100 ribu penduduk terjadi dalam 21tahun terakhir sebelum Olimpiade di kota Rio ini dimana dinyatakan adalah yang terendah
v  7 juta lebih tiket yang dijual, 4600 kursi mahal saat opening ceremony dan 3,8 juta tiket yang  tersedia sedikit lebih murah seharga 70 BRL(Real Brasil) atau lebih kurang 290 ribu dalam IDR(Rupiah indonesia)
v  306 cabang olahraga diikuti oleh negara dengan mengirimkan atlet terbanyak, dimana Amerika Serikat dengan 544 atlet, dikuti Brasil sebagai tuan rumah sebanyak 469 atlet, dan Jerman dengan 426 atlet. Sementara Indonesia hanya  28 atlet yang mewakili 7cabang yakni Badminton, Panahan, Dayung, Angkat besi, Atletik, Renang dan Sepeda.
v  Estafet obor yang dilakukan sebelum pembukaan tepatnya mulai pada 3 mei 2016 telah mengunjungi 300 kota di Brasil

Fakta-Fakta Olimpiade

·         Pada Olimpiade sebelumnya di London Inggris, negara dengan perolehan medali terbanyak adalah Amerika Serikat dengan 104 medali terdiri dari 46 emas 29 perak dan 29 perunggu. Terbanyak berikutnya diikuti Tiongkok dengan 88 medali dan Britania Raya sebanyak 65 medali. Sementara Indonesia cukup berada diposisi 63 dengan tanpa emas, 1 perak dan 1 perunggu.  
·         Olimpiade jelas pertama kali diadakan tahun 1896 tapi Indonesia baru ikut serta ditahun 1952 yang waktu itu diadakan di Helsinki Finlandia. Namun terus ikut serta kecuali pada tahun 1964 dan 1980
·         Ada beberapa cabang olahraga baru yang diajukan sejak tahun 2005 namun hanya satu  yang disetujui yakni Golf  di Olimpiade 2016 ini. Tadinya  Rollersport, Uni Rugby , Karate, Skuas, Bisbol dan Sofbol juga diajukan, namun tidak lulus seleksi panitia. Hal ini sangat disambut baik oleh pegolf profesional Tiger Woods.
·         Rio de Janeiro sebagai salah satu kota di Brasil yang mengajukan diri menjadi tuan rumah membuat keuntungan besar dimana Brasil otomatis lolos dari cabang olahraga Sepeda, dan enam tempat untuk cabang Angkat Beban.
·         Olimpiade Rio 2016 ini menjadi ajang perdana keikutsertaan untuk unjuk diri 2 negara, Kosovo dan Sudan Selatan.
·         Olimpiade kali ini juga melarang Rusia dan Bulgaria untuk ikut dalam cabang Angkat Berat karena atletnya yang sering kedapatan memakai obat-obatan peningkat kinerja.
·         Pada pembukaan atau Opening Ceremony Rio 2016 ini, Indonesia mendapat sorotan dimana atletnya memakai pakaian tradisonal adat Lampung, Bali dan Papua. Disaat negara lain bermain aman dengan memakai baju seadanya, Indonesia berani tampil beda
·         Warna merah kuning hijau biru dan hitam melambangkan warna-warna tersebut ada dalam setiap bendera  negara peserta dan juga menggambarkan warna ras manusia yang ada didunia. Namun sampai saat ini hanya 2 benua yang belum pernah menjadi tuan rumah yakni Afrika dan Antartika.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »